Apa Olah Raga Paling Mahal di Jagat Ini?




Sejatinya Olah raga adalah sebuah aktivitas fisik ataupun psikis seseorang untuk menjaga serta meningkatkan kualitas kesehatan tubuh secara keseluruhan baik jasmani ataupun rohani. namun dalam sekala yang lebih besar olah raga sering di jadikan sebuah pertandingan pada even-even tertentu dari yang berskala kecil seperti antar Rt hingga yang bersekala besar seperti ajang Olimpiade. tujuannya satu untuk mencari yang terhebat dan yang terbaik sebagai pemenang. baik secara individu ataupun atas nama team. hal tersebut tak ayal  menjadikan olah raga menjadi sebuah tontonan yang sangat menarik untuk diikuti. terlebih kalau yang bertanding adalah pemain atau tim pavorit kita. hal tersebut juga memicu orang-orang yang terlibat dalam dunia olahraga untuk berlomba lomba menjadikan pemain atau tim mereka menjadi yang terbaik dengan beragam cara untuk meningkatkan pamor serta gengsi mereka. ada yang mendatangkan pemain dan pelatih ternama dengan bayaran yang tinggi ataupun mengganti alat-alat pendukung lainnya yang nilainya juga tentu saja tidak sedikit. bahkan pada jaman sekarang ini, olah raga bisa jadi lahan bisnis yang menggiurkan bagi orang-orang tertentu.

Nah,dari sekian banyak olah raga yang di pertandingkan di dunia ini, lalu olah raga apakah yang menjadi olah raga termahal di jagat raya ini? apakah olah raga yang sangat populer di masyarakat seperti bola, atau berkuda, balap moto gp, ataukah olah raga bagi kalangan elit golf?
berdasarkan hitung-hitungan dari komponen-komponen, perlengkapan serta peralatan yang di gunakan, dapat diketahui bahwa olah raga jet darat Formula One menjadi yang termahal. Kenapa F1? Bayangkan, harga sebuah setir saja dari mobil F1 ini, jauh lebih mahal dibandingkan dengan harga satuan mobil secara utuh yang sering digunakan masyarakat umum yang berharga ratusan juta belum lagi sistem pendingin yang harganya mencapai hingga Rp. 2 miliar lebih.




Secara utuh mobil F1 rata-rata dibandrol dengan harga ratusan milyar rupiah. sedangkan untuk menjadikannya mobil yang tangguh, diperlukan juga pengembangan dan penelitian yang berkelanjutan agar performanya di lintas balap semakin ciamik, yang juga membutuhkan dana ratusan milyar. di tambah lagi untuk sebuah tim balap F1, di haruskan memiliki 3 buah mobil. yakni satu untuk balapan dan dua untuk cadangan.



Rata-rata Pos Pengeluaran pengeluaran tim F1

Penelitian dan Pengembangan
Pengujian di lintasan Rp 186,4 miliar
Pengujian di wind tunnel Rp 298,3 miliar
Penelitian dan pengembangan lain Rp 279,6 miliar

Produksi
Mesin Rp 372,8 miliar
Pembuatan Rp 242,3 miliar
Komponen penting lain Rp 111,8 miliar

Gaji dan Fee
Pembalap Rp 242,3 miliar
Tim Rp 484,7 miliar
Direktur Rp 55,9 miliar

Operasional
Entertainment Rp 186,4 miliar
Logistik Rp 242,3 miliar
Pengangkutan Rp 93,2 miliar
Bahan bakar Rp 18,6 miliar
IT Rp 55,9 miliar
Perlengkapan lain Rp 37,3 miliar
Jasa Profesional 37,3 miliar



Sebagai contoh,Saat menjadi juara dunia pada tahun 2012, Red Bull Racing menghabiskan anggaran US$ 270,2 juta atau setara Rp 3,545 triliun di sepanjang musim. yang artinya rata-rata tim asal Austria itu menggelontorkan US$13,5 juta atau sekitar Rp 177,16 miliar hanya untuk satu kali seri balapan. dan tentu saja dengan teknologi dan tuntutan persaingan yang semakin tinggi dan terus berkembang setiap tahunnya , maka angka tersebut akan terus bertambah dari tahun ke tahun. dari data-data tersebut, maka tak salah rasanya jika olahraga yang paling glamour ini menjadi Olah raga yang paling mahal di jagat ini.

Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Dinsini,
Berkomentarlah sesuai topik artikel Apa Olah Raga Paling Mahal di Jagat Ini?.
Untuk komentar yang tidak sesuai topik sebaiknya langsung dibicarakan langsung melalui halaman Off Topic.
Komentar yang menyertakan link tidak akan ditampilkan / dihapus.
bagikan
0 Komentar untuk "Apa Olah Raga Paling Mahal di Jagat Ini?"

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Back To Top