Rpp Matematika SD Kelas 2

PRENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP)
Nama Sekolah     : SD Negeri Cembeh
Mata Pelajaran     : Matematika
Kelas / Semester  : II A / 1
Alokasi Waktu     : 1 x Pertemuan (2x35 menit)
                                                  
A.  Standar Kompetensi
1. Melakukan penjumlahan dan pengurangan bilangan sampai 500
B. Kompetensi Dasar
     1.3 Menentukan nilai empat ratusan, puluhan dan satuan
C. Indikator
1.1.3        Menentukan letak tempat satuan
1.1.4        Menentukan letak tempat puluhan
1.1.5        Menentukan letak tempat ratusan
D.      Tujuan Pembelajaran
1.         Melalui Tanya jawab siswa dapat menentukan letak tempat satuan
2.         Melalu penjelasan yang guru lakukan siswa dapat menentukan letak tempat puluhan
3.         Melalui penjelasan guru siswa dapat menentukan letak tempat ratusan
E.  Karakter Yang diharapkan
1.                Disiplin
2.                Betanggung Jawab
3.                Percaya Diri
4.                Rasa Ingin Tahu
F.   Materi Pokok
Penjumlahan dua bilangan dua angka dan penjumlahan bilangan dua angka dengan tiga angka
G. Kegiatan Pembelajaran
A.    Kegiatan Awal (10 menit)
Apersepsi
1.    Guru merapihkan tempat duduk siswa sebelum pembelajaran dimulai
2.    Guru mengucapkan salam
3.    Guru mengajak siswa berdoa bersama dan dipimpin oleh ketua kelas
4.    Guru menyapa dan menanyakan kabar siswa
5.    Guru mengabsen siswa
6.    Memotivasi siswa dengan menyanyikan lagu gembira “ayo berhitung” setelah itu guru   melakukan tanya jawab tentang penjumlahan dan pengurangan.
7.    Guru menyampaikan tujuan pembelajaran.
B.     Kegiatan Inti (30 menit)
Eksplorasi
1.    Menggunakan stick eskrim guru menjelaskan konsep penjumlahan kepada siswa
2.    Guru memberikan kesempatan kepada siswa yang ingin melakukan penjumlahan didepan kelas melalui media stick es krim.
3.    Guru memberikan penjelasan mengenai materi pembelajaran yang disertai dengan contoh soal dan cara penyelesaiannya
4.    Guru memberikan kesempatan bertanya kepada siswa tentang hal-hal yang dianggap belum dipahami
5.    Guru memberikan pertanyaan berupa contoh soal kepada siswa
6.    Guru membimbing siswa untuk mencari jawaban dari pertanyaan yang diajukan
7.    Siswa yang berani mengerjakan soal di papan tulis mendapatkan reward    
8.    Guru memberikan penghargaan secara verbal dan non verbal kepada siswa yang aktif 
Elaborasi
9.    Guru memberikan contoh soal kepada siswa tentang penjumlahan tanpa menyimpan
10.     Siswa mengerjakan tugas yang telah diberikan oleh guru
11.     Guru berkeliling memantau perkembangan belajar dan membantu siswa yang mengalami kesulitan dalam mengerjakan tugas yang diberikan guru
12.     Guru menilai tugas siswa.
Konfirmasi
13.     Siswa dan guru bersama-sama membahas soal tentang penjumlahan tanpa  menyimpan.
14.     Guru meluruskan kesalah pahaman siswa.
15.      Guru memberikan umpan balik kepada siswa terkait dengan materi yang dipelajarinya.
16.      Siswa diberi kesempatan untuk bertanya tentang materi yang belum dimengerti.
C.  Kegiatan Penutup (10 menit)
17.     Guru dan siswa membuat kesimpulan pembelajaran mengenai meteri yang telah dipelajari
18.     Guru mengajak semua siswa berdoa sama-sama sesuai, untuk mengakhiri pembelajaran hari ini dan yang dipimpin oleh ketua kelas
H.  Sumber Belajar/Media Pembelajaran
1.      Buku Matematika Kelas II Penerbit yudhistira
2.      Stick Es krim
I.     Metode pembelajaran
1.    Ceramah
2.    Tanya jawab
3.    demontrasi
J.    Penilaian
a.        Teknik Penilaian
1.    Tes Tulis berupa soal
2.    LKS kelompok
b.      Skor Penilaian
1.      Setiap jawaban benar mendapat nilai         = 10
2.      Nilai maksimal                                            = 100  
Skor  =  jumlah skor yang diperoleh   x  100 % 
                           Jumlah skor maksimal
Soal !
Isilah titik-titik dibawah ini dengan benar !
1.      2   3                    …. .Puluhan+…….Satuan
2   2                     …. Puluhan+…….Satuan   +
……  +               …..Puluhan+……..Satuan


2.      3   6                    …. .Puluhan+…….Satuan
2   2                     …. Puluhan+…….Satuan   +
……  +               …..Puluhan+……..Satuan



3.      142 + 23    =……….

4.      124 + 34    =……….


5.      144 + 23    =……….

Kunci Jawaban
1.    2   3                      2   Puluhan+ 3  Satuan
                 2   2                      2   Puluhan+ 2  Satuan   +
4   5    +                4   Puluhan+ 5  Satuan

2.    3   6                      3   Puluhan+ 6  Satuan
                 2   2                      2   Puluhan+ 2  Satuan   +
5   8    +                5   Puluhan+ 9  Satuan


3.    142
       23
             +
    165

4.    124
       34
             +
                 158

            5. 144
       23
             +
                167                 






Guru Pamong



HELMIYATI, S.Pd
NIP.197004251991032002


                                                      




           


Mengetahui
Kepala Sekolah


ETI SUHESTI, M.Pd
NIP. 196803251991032010





Ciruas , 05 Oktober 2017
Guru Praktikan


I’ANAHTUL WAFA
NIM: 2227142353





Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Dinsini,
Berkomentarlah sesuai topik artikel Rpp Matematika SD Kelas 2 .
Untuk komentar yang tidak sesuai topik sebaiknya langsung dibicarakan langsung melalui halaman Off Topic.
Komentar yang menyertakan link tidak akan ditampilkan / dihapus.
bagikan
0 Komentar untuk "Rpp Matematika SD Kelas 2 "
Back To Top