Anda Suka Begadang? Ini Bahaya yang Mengintai Anda!


Anda Suka Begadang? Ini Bahaya yang Mengintai Anda!-Tanpa harus dijelaskan sebenarnya begadang bukanlah sebuah rahasia umum yang banyak menimbulkan efek negatif, hampir semua orang mengetahui bahwa begadang adalah hal yang sangat  tidak baik bagi kesehatan tubuh. namun banyak orang yang tidak memperdulikan atau menyadari akan bahaya dari seringnya begadang, terlebih banyak dari kalangan muda yang menganggap begadang adalah hal umum yang sudah menjadi kebiasaan mereka sehari-hari entah hanya sekedar nongkrong menghabiskan waktu sepanjang malam, ataupun bersenang-senang di tempat-tempat hiburan seperti cafe dan lainnya.

Ketika malam memang sudah seharusnya kita memanjakan tubuh kita untuk beristirahat setelah seharian melakukan banyak aktivitas, agar sistem kerja tubuh kita dapat berjalan maksimal dan kembali segar pada keesokan harinya.
Jika seseorang sering atau rutin begadang setiap malam, cepat atau lambat pasti akan terjadi gangguan pada sistem tubuh kita. kenapa demikian? karena hormon pertumbuhan manusia dan hormon kortek adrenal yang sangat penting untuk menunjang sistem kekebalan tubuh serta perkembangan fungsi otot, dihasilkan pada malam hari saat kita tertidur.

jika setiap malam tubuh kita tidak menghasilkan kedua hormon tersebut,  tentu akan berdampak serius bagi kondisi kesehatan kita.
lalu apa saja bahayanya, ini dia di antaranya :
 

- Kelelahan dan melemahnya sistem kekebalan tubuh, hal tersebut akan membuat tubuh kita mudah terkena berbagai penyakit.

Gangguan pada kulit, terjadinya mata bengkak, kulit kusam, kulit pucat, garis-garis halus pada wajah serta lingkaran hitam di bawah mata adalah efek dari kurang tidur.

- Masuk Angin.

 
- Mempengaruhi Kesuburan,

 
- Insomnia, sering begadang membuat tubuh kita sulit beradaptasi ketika ingin tidur lebih awal.

- Penyakit Jantung dan Stroke, kurang tidur dapat menyebabkan peradangan pada arteri yang berakibat resiko penumpukan plak yang dapat menyumbat pembuluh darah menjadi meningkat. Hal ini dikarenakan meningkatkan kadar  protein C-kreatif (CPR) dalam tubuh.

- Penyebab Alzheimer, akibat kurang tidur dapat meningkatkan resiko plak yang  disebabkan oleh terjadinya penumpukan protein di otak. Hal ini bisa menyebabkan kerusakan sel otak.

- Diabetes, Pola tidur sangat berpengaruh pada kadar gula darah.

- Peningkatan berat badan,

 
- Penyebab Kanker, Kurang tidur dapat mempengaruhi produksi hormon melatonin, yaitu hormon yang membantu tubuh memerangi sel-sel kanker seperti pada kanker payudara, kanker prostate, penyakit Parkinson, dan jantung aritmia.

- Sakit Kepala, dll. 

Bahkan baru-baru ini seorang peneliti yang bernama Dr. Josiane Broussard  bersama dengan timnya dari Cedars-Sinai Medical Center di Los Angeles memiliki hasil yang menunjukan kurang tidur hanya satu malam saja bisa merugikan sensitifitas insulin yang sama seperti mengkonsumsi makanan tinggi lemak selama 6 bulan lamanya.

Belum ada Komentar untuk "Anda Suka Begadang? Ini Bahaya yang Mengintai Anda!"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel