Cara Membuat Blog di Blogspot 2016. Detail!!!


Cara Membuat Blog di Blogspot 2016. Detail !!!


Saat ini, untuk membuat sebuah blog ada sangat banyak sekali website-website yang bisa di jadikan pilihan buat para blogger yang akan membuat blog. dari yang berbayar sampai yang gratis, dari website luar negeri sampai website buatan bangsa sendiri seperti blogdetik dan DagDigDug. Kali ini Tweet Merpati akan fokus membahas bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot 2016.Detail!!! yaitu blog gratisan milik google yang sudah banyak dimanfaatkan oleh para blogger di seluruh dunia.

Khusus buat anda yang akan membuat Blog di blogspot dan kebetulan masih belum mengetahui caranya, silahkan simak langkah-langkahnya berikut ini, yang sudah Tweet Merpati rangkum untuk anda:

Pertama, Silahkan anda masuk kesitus Blogger.com, atau anda juga bisa langsung klik disini untuk menuju website tersebut.
Setelah anda masuk, silahkan anda isi alamat dengan email aktif yang akan anda gunakan untuk membuat blog di blogspot beserta kata sandinya. seperti terlihat pada gambar di bawah ini 


Setelah anda mengisi email beserta kata sandinya, maka anda akan di bawa menuju halaman baru yang akan menampilkan gambar seperti yang terlihat berikut ini


Kemudian anda bisa langsung klik saja tulisan "lanjutkan ke blogger" yang berwarna oranye seperti terlihat pada gambar di atas. nanti akan muncul gambar seperti ini 


Terus klik "Blog baru" seperti terlihat pada gambar diatas, yaitu tulisan yang dilingkari dengan garis berwarna biru. maka akan tampil gambar seperti terlihat di bawah ini


Silahkan perhatikan gambar diatas. pada kolom Judul, silahkan anda isi dengan judul atau deskripsi seputar permasalahan yang nantinya akan anda bahas atau jadi tema blog yang akan anda buat. seperti contoh diatas yang diisi dengan "Kisah seputar Asmara" yang artinya, nantinya blog tersebut akan membahas hal-hal yang tidak akan jauh dari asmara dengan berbagai permasalahanya. ataupun kalau misalkan anda belum memiliki ide maka isi saja terserah anda, karna nanti judul tersebut sebenarnya bisa kembali di edit atau di perbaiki.

Pada Kolom Alamat, Silahkan anda isikan dengan alamat yang nantinya akan anda gunakan sebagai alamat blog anda. Khusus untuk pengisian alamat ini, sebaiknya anda harus benar-benar yakin dengan alamat blog anda yang akan anda gunakan. artinya nanti di lain hari anda tidak punya keinginan untuk merubah alamat blog yang sudah di buat. kenapa? karena walaupun sebenarnya alamat tersebut bisa di ganti, akan tetapi akan berpengaruh besar pada pencarian blog anda di mesin pencarian google nantinya. karena kalau anda mengganti alamat yang baru, maka alamat yang lama tidak akan terbaca lagi oleh google. sedangkan alamat yang baru akan sulit terdeteksi oleh google karena blog anda akan dianggap baru sehingga belum dikenali di mesin pencarian google. 

Nah, jika anda sudah yakin dengan alamat blog yang akan anda gunakan, silahkan masukan di kolom alamat seperti yang bisa anda lihat pada contoh gambar di atas yang di isi dengan "blogciciliaiskandar.blogspot.com". kalau misalkan, setelah anda memasukan alamat anda ada kalimat "maaf,alamat blog ini tidak tersedia" itu artinya alamat blog tersebut sudah ada yang menggunakannya. dan artinya mau tidak mau anda harus merubah alamat blog anda sampai ada tulisan "Alamat blog ini tersedia" yang ditandai tanda centang berwarna biru (perhatikan kembali gambar di atas). kalau misalkan alamat anda sudah cocok dan tersedia langsung saja klik "buat blog" yang berwarna oranye. maka anda akan dibawa kehalaman baru seperti yang bisa anda lihat contoh gambarnya di bawah ini



Dengan munculnya gambar diatas maka blog anda sudah jadi. anda tinggal mengisinya dengan tulisan-tulisan yang menarik sesuai keinginan anda. lalu bagaimana dan dimana kalau mau memulai membuat tulisan?
Coba Anda kembali perhatikan gambar diatas. untuk membuat tulisan atau artikel baru, maka anda bisa langsung klik "entri baru" pada kotak yang berwarna oranye seperti nampak pada gambar tersebut. setelah anda mengklik "entri baru" maka tampilan halaman blog anda akan menjadi seperti ini




Perhatikan kembali gambar dan tanda panah diatas. tanda panah no.1 adalah judul tulisan atau judul artikel anda. sedangkan no.2 adalah tempat anda untuk menulis artikel. tanda panah no.3 terdapat tulisan "publikasikan, simpan, pratinjau dan tutup". sesuai dengan namanya, fungsi tombol publikasikan digunakan saat anda telah selesai menulis artikel dan siap untuk membagikannya kepada publik. sedangkan jika anda mengklik tulisan simpan maka secara otomatis artikel anda akan disimpan dalam draft. tombol ini bisa digunakan saat anda belum bisa menyelesaikan tulisan anda 100% dan akan meneruskannya di lain waktu. sedangkan fungsi "pratinjau" adalah untuk melihat seperti apa tampilan artikel anda setelah dipublikasikan namun belum benar-benar dipublikasikan. karna pratinjau hanya sebagai contoh ilustrasi atau gambaran setelah artikel dipublikasikan. pratinjau ini sangat baik anda gunakan sebelum anda benar-benar mempublikasikannya kepada umum untuk mengkoreksi artikel anda terlebih dahulu. sedangkan tombol "tutup" fungsinya kurang lebih sama dengan "simpan".
Untuk tanda panah No.4 diisi untuk label artikel anda, yaitu artikel yang dikelompokan berdasarkan tema tertentu. seperti pada Tweet Merpati ini ada label yang khusus seputar bank ada juga khusus alamat-alamat perusahaan atau kantor.

Kalau anda ingin melihat tampilan blog anda seperti apa saat dilihat pengunjung atau orang lain, anda bisa klik tulisan "Lihat blog" di pojok kiri paling atas di sebelah simbol Blogger.
Sekarang anda sudah berhasil memiliki blog. langkah selanjutnya anda tinggal mempercantik tampilan blog anda sesuai dengan keinginan anda. caranya bisa anda pelajari lewat pencarian google yang akan sangat mudah sekali anda menemukannya.

Nah, itulah bagaimana Cara Membuat Blog di Blogspot 2016 Detail!!!. mudah-mudahan bisa anda fahami serta mudah di mengerti. Jangan lupa jika anda sudah selesai menggunakan blog anda silahkan log out dengan cara mengklik photo profil anda lalu keluar atau log out. jika ingin kembali maka bisa langsung ke Blogger.com dan masuk dengan email dan kata sandi yang tadi anda gunakan.

Belum ada Komentar untuk "Cara Membuat Blog di Blogspot 2016. Detail!!!"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel