Jangan Biarkan Matahari Pagi Berlalu, Ini Sederet Manfaatnya!




Jangan Biarkan Matahari Pagi Berlalu, Ini Sederet Manfaatnya! -Sinar matahari merupakan salah satu karunia dari sang pencipta yang sangat berharga serta sangat dibutuhkan bagi kelangsungan kehidupan manusia beserta mahluk lainnya di muka bumi ini. Sinar Matahari yang merupakan sumber energi yang paling utama, berguna untuk menjaga  suhu bumi agar tetap hangat dan mencegah dunia dari kebekuan. pada tumbuhan, ia tidak dapat berfotosintesis tanpa adanya sinar matahari. dengan adanya matahari kitapun bisa mengetahui waktu-waktu tertentu yakni pagi,siang dan malam.
Sejumlah penelitian telah membuktikan bahwa paparan sinar matahari dapat memberikan begitu banyak manfaat untuk kesehatan tubuh, terutama sinar matahari pada pagi hari.

Lalu apa sajakah manfaat yang bisa kita peroleh dari sinar matahari? berikut Tweet Merpati rangkum untuk anda :

~ Mencegah diabetes, Sebuah studi menunjukkan dengan tercukupinya kebutuhan vitamin D, ditambah dengan seringnnya berjemur pada sinar matahari dapat mencegah kencing manis atau diabetes tipe 1 pada anak-anak, serta di yakini dapat menurunkan kadar gula darah.

~ Mengatasi depresi, Sinar matahari dapat meringankan gejala depresi dengan cara melepaskan endorfin, yakni anti-depresan alami yang dimiliki tubuh.

~ Vitamin D, Sinar matahari dapat merangsang tubuh memproduksi vitamin D yang berguna untuk meningkatkan penyerapan kalsium di dalam usus, kemudian mentransfer kalsium tersebut melintasi membaran sel, berfungsi menguatkan tulang.Vitamin D juga berfungsi memberikan perlindungan terhadap jenis kanker yang berbahaya bagi kesehatan, seperti kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker kulit. selain itu 
vitamin D juga dapat mencegah osteoporosis, diabetes, rakhitis, serta dapat  membantu menurunkan kadar kolestrol darah dalam tubuh yang membantu melawan penyakit jantung.
 
~ Meningkatkan sirkulasi darah, ketika tubuh terkena Sinar matahari, hal tersebut mampu meningkatkan sirkulasi darah, yakni melebarkan pembuluh darah di kulit.
 
~  Memperbaiki kualitas tidur, dengan mendapatkan sinar matahari yang cukup, maka produksi melatonin pun akan semakin meningkat. yakni hormon yang diproduksi oleh kelenjar pinea-organ tubuh yang berukuran sangat kecil yang terdapat di dasar otak.
 
~ Memperbaiki kulit, Berjemur pada sinar matahari pagi terbukti dapat memperbaiki kondisi kulit kronis, seperti eksim, jerawat, dan psoriasis.

~ Detoksifikasi tubuh, sinar matahari mampu meningkatkan pembuangan racun yang terdapat dalam tubuh dengan memperbaiki fungsi hati, meningkatkan sirkulasi darah, sehingga racun-racun terbuang lebih efisien melalui darah.

~ Perbaiki sistem pencernaan, Sinar matahari juga merupakan salah satu pengobatan terbaik untuk meningkatkan nafsu makan. Selain itu juga dapat memperbaiki sistem pencernaan dan meningkatkan metabolisme.
 
~ Menguatkan sistem kekebalan, Sinar matahari dapat menguatkan sistem metabolisme atau kekebalan tubuh, karena ketika kita terkena sinar matahari, tubuh akan menghasilkan lebih banyak sel darah putih yang dapat membantu menangkal infeksi dan berbagai penyakit akibat virus, jamur dan bakteri.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kita dapatkan dari pancaran sinar matahari. meski banyak manfaat, namun harus tetap di ingat bahwa sinar matahari yang berlebihan juga dapat menyebabkan kerusakan mata, melanoma, kanker kulit, serta dapat menyebabkan kulit terbakar yang disebabkan oleh sinar radiasi UVB yang terlalu tinggi, radiasi ini juga dapat menyebabkan kerusakan pada DNA. Waktu terbaik untuk mendapatkan manfaat dari sinar matahari yaitu sekitar jam 7 sampai jam 9 pagi, dan sangat tidak disarankan berjemur antara jam 10 pagi sampai jam 4 sore.

Belum ada Komentar untuk "Jangan Biarkan Matahari Pagi Berlalu, Ini Sederet Manfaatnya!"

Posting Komentar

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel