Bagaimana Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri? Part II




Sebelum membaca lebih jauh, ada baiknya terlebih dahulu anda baca Bagaimana Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri? part 1

Untuk bisa mengatasi rasa kurang percaya diri yang sebelumnya telah dibahas, yang terdiri dari 3 point, dimana kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang membuat atau menyebabkan kita kurang percaya diri? apakah karena status sosial, fisik atau tidak percaya diri dalam melakukan berbagai aktivitas tertentu?
Nah, Untuk bisa mengatasi point pertama dan kedua, maka mau tidak mau, yang harus dilakukan adalah mengubah cara berpikir anda. Kenapa anda harus selalu fokus dengan kekurangan anda serta kelebihan yang dimiliki orang lain? percayalah kalau anda terus berpikir seperti itu maka seperti apapun anda, anda akan tetap menjadi pribadi yang tidak sempurna karena akan selalu ada yang lebih diatas anda. 
Belajar menerima dan bersyukur atas apapun yang Tuhan berikan terhadap anda adalah cara terbaik untuk menjadikan hidup anda lebih Indah tanpa harus tersiksa karena terus-terusan meratapi segala kekurangan yang anda miliki. namun yang perlu di ingat menerima dan bersyukur disini bukanlah pasrah menerima keadaan yang terjadi. tetapi ikhlas menerima semua pemberian Tuhan yang telah diberikan pada kita dan memang tidak bisa dirubah, namun anda tetap berusaha untuk merubah semua pemberian Tuhan yang masih bisa dirubah dengan cara Usaha dan Doa. 
Misalnya kenapa saat ini anda miskin?
Katakanlah pada diri anda bahwa itu karena belum saatnya anda kaya. kalau anda mau berusaha berjuang dan bekerja keras yakinlah pasti suatu saat anda juga bisa kaya seperti mereka. jadikanlah kemiskinan anda sebagai motivasi untuk meraih kesuksesan di masa depan, tapi bukan jadi sebuah alasan untuk anda terlarut dalam kesedihan. 
Teruslah gali potensi dan kemampuan yang ada pada diri anda yang bisa menjadi kebanggaan anda, sehingga orang melihat anda bukan karena status sosial atu fisik anda tapi lebih kepada kemampuan yang anda miliki yang juga akan meningkatkan kepercayaan diri menghadapi banyak orang.

Secara keseluruhan, pada dasarnya untuk bisa meningkatkan rasa percaya diri adalah, kita harus melatih diri kita untuk berani dan melakukan tindakan yang nyata. Kenapa? karena ternyata sebuah kepercayaan diri itu membutuhkan sebuah keberanian. yaitu berani melakukan suatu tindakan, walau kita tidak tahu pasti apa yang akan terjadi, walau kita belum tahu resiko yang akan kita hadapi, ataupun walau nantinya kita akan mengalami kejadian yang di luar dugaan kita, tapi kita tetap melakukannya. Nah, itulah yang disebut dengan berani.
itu penting, karena yang sudah kita bahas pada halaman sebelumnya, kurang percaya diri juga bisa disebabkan karena apa yang akan kita lakukan, bukanlah sebuah kebiasaan atau sesuatu yang jarang kita lakukan. sehingga saat kita akan melakukannya otak kita tidak memiliki gambaran seperti apa dan bagaimana harus melakukannya.
sehingga hal tersebut menimbulkan keraguan yang bisa menjadi asal muasal munculnya rasa ketidakpercayaan pada diri sendiri.
Namun, dengan berani melakukan sebuah aksi nyata, kita bisa memiliki pengalaman dari apa yang kita lakukan sebelumnya. misalnya, "Oh, ternyata rasanya seperti ini, oh ternyata biasa aja, oh, ternyata seru juga, oh ternyata gue gak apa-apa, oh ternyata.., oh ternyata...." dan masih banyak lagi oh ternyata lainnya. Sehingga, disaat kita dihadapkan pada situasi untuk kembali melakukan hal yang sama, kepala kita sudah memiliki gambaran harus seperti apa dan bagaimana, kita sedikit banyak sudah mengetahui kemungkinan-kemungkinan yang akan terjadi, sehingga nantinya kitapun sudah memiliki triks khusus untuk menghadapinya. hal tersebut secara tidak sadar akan meningkatkan rasa kepercayaan diri kita saat melakukan action. jadi untuk bisa percaya diri, kita harus berani dan melakukan aksi nyata.

Pada banyak kasus, banyak orang yang tidak percaya diri disebabkan karena memiliki sifat pemalu yang cenderung mengarah menjadi rasa takut yang berlebihan.
seperti contoh, seseorang yang pandai bernyanyi serta memiliki suara yang bagus ditambah memiliki tehnik bernyanyi yang baik. namun ketika suatu saat ia diminta bernyanyi di depan panggung dia bernyanyi sangat buruk misalnya. kenapa hal tersebut terjadi, ternyata karena si penyanyi tadi memiliki sifat pemalu, yang membawa dia pada perasaan takut diatas panggung, sehingga hilangnya kepercayaan diri pada dirinya yang membuat ia tidak konsentrasi serta tidak bisa menunjukan kualitas ia yang sesungguhnya. lalu bagaimana mengatasi hal tersebut? 
lagi, lagi memang caranya adalah kita harus belajar menumbuhkan rasa berani serta banyak melakukan tidakan nyata seperti diatas. sehingga kita banyak memiliki pengalaman. karena sadar tidak sadar pengalaman akan bisa membuat seseorang untuk lebih bisa percaya diri.

Agar anda memiliki kepercayaan diri, mulai saat ini, keluarlah dari zona nyaman anda selama ini. sehingga anda mempunyai wawasan baru, pandangan baru, ilmu baru yang bisa mengubah cara berpikir anda selama ini.

Tanamkan pada diri anda dan katakan "Rasa malu dan takut, hanya akan buat gue lemah dan sulit maju" terus ucapkan setiap saat dalam hati anda sampai anda bilang "Selamat datang Berani dan Percaya diri"
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Dinsini,
Berkomentarlah sesuai topik artikel Bagaimana Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri? Part II.
Untuk komentar yang tidak sesuai topik sebaiknya langsung dibicarakan langsung melalui halaman Off Topic.
Komentar yang menyertakan link tidak akan ditampilkan / dihapus.
bagikan
0 Komentar untuk "Bagaimana Cara Mengatasi Kurang Percaya Diri? Part II"

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Back To Top