Cara dan Tips Naik Pesawat Untuk Pemula


Cara dan Tips Naik Pesawat Untuk Pemula


Seiring semakin tumbuhnya perekonomian Indonesia, Moda transportasi pesawat udarapun semakin meningkat dan banyak diminati oleh masyarakat. Belakangan ini trasportasi melalui jalur udara sudah sering jadi pilihan bagi banyak orang. selain waktu tempuh yang singkat, harga tiket pesawatpun sudah bisa di jangkau oleh kalangan kelas menengah keatas bahkan masyarakat kecil.
Bagi yang sudah terbiasa  berpergian dengan menggunakan pesawat terbang, mungkin itu bukanlah hal yang baru bagi mereka. akan tetapi bagi orang yang pertama kali hendak menggunakan moda transportasi ini, mungkin akan sedikit mengalami kebingungan bagaimana caranya saat naik ke pesawat tersebut. karena naik pesawat udara tentu saja berbeda dengan cara naik transportasi lain pada umumnya. bagi anda yang baru pertama kali hendak melakukan perjalanan dengan menggunakan pesawat terbang, berikut tips-tips dan caranaya :

 Periksa Jam keberangkatan Pesawat

Saat anda mau berpergian menggunakan pesawat udara, sangat penting untuk mengetahui jam keberangkatan pesawat tersebut. Sehingga anda bisa mengira-ngira seberapa jauh jarak tempuh tempat tinggal anda dari bandara tersebut. sehingga andapun bisa mengira-ngira jam keberangkatan anda dari rumah kebandara. usahakan berada di bandara kurang lebih sekitar satu atau dua jam sebelum keberangkatan. karena pesawat tidak akan menunggu penumpang yang tertinggal atau telat waktu. sebelum berangkat, periksa terlebih dahulu semua bawaan anda, kelengkapan identitas seperti KTP atau SIM, tiket pesawat ataupun paspor jika anda hendak keluar negeri. jika anda tidak mau menemui masalah di bandara, perhatikan juga barang bawaan anda. jangan sampai anda membawa barang yang tidak diperbolehkan seperti senjata tajam, barang narkotika ataupun benda cair yang melebihi 100 ml.

Pemeriksaan Keamanan

Setelah tiba di bandara, silahkan anda menuju ke bagian atau pintu masuk keberangkatan/Departure sesuai tujuan anda yaitu keberangkatan dalam negeri dan luar negeri. kemudian siapkan tiket pesawat anda, karena saat masuk akan diminta petugas untuk menunjukan tiket pesawat anda. setelah berhasil melalui petugas keamanan, anda akan melewati pintu pemeriksaan barang bawaan. silahkan letakan semua barang bawaan anda di atas belt konveyor atau ban berjalan. masukan juga semua barang-barang bawaan anda seperti handphone, dompet, jam tangan dan lainnya di kotak kecil yang sudah atau telah di sediakan oleh pihak bandara. selanjutnya, silahkan anda masuk melalui pintu pemeriksaan, terus ambil kembali semua barang-barang anda yang tadi telah diperiksa.

Check in

Setelah melalui pintu pemeriksaan, maka langkah selanjutnya adalah check in, silahkan anda cari counter check in yang sesuai dengan nama perusahaan atau nama maskapai penerbangan yang ada di tiket yang anda miliki, kemudian cari juga kota tujuan penerbangan anda. setelah menemukannya, antrilah dengan tertib.
siapkan tiket pesawat, kartu identitas dan juga paspor khusus bagi yang hendak keluar negeri. bila anda memiliki barang bawaan yang banyak taruhlah barang bawaan anda di belt konveyor yang ada di sebelah petugas yang sedang memeriksa anda untuk ditimbang (biarkan saja barang tersebut untuk di bawa ke bagasi pesawat tidak perlu di ambil lagi). berat bawaan yang diperbolehkan biasanya maksimum 7 kg, jika di atas itu maka biasanya penumpang  akan dikenakan biaya tambahan.
Setelah proses selesai maka anda akan diberi lembaran boarding pass oleh petugas, yang berisi  nomor tempat duduk pesawat dan juga Gerbang atau gate tempat dimana anda akan menunggu pesawat sebelum berangkat. Petugas juga akan memberikan lembaran bukti bagasi bila Anda memasukkan barang bawaan Anda ke bagasi pesawat. silahkan simpan bukti bagasi tersebut baik-baik sampai ke bandara tujuan anda. Setelah itu silahkan anda menuju ruang tunggu yang tertera pada lembaran boarding pass yang anda pegang. namun sebelumnya terlebih dahulu anda akan diminta untuk membayar airport tax yang biasanya setiap bandara memiliki tarif yang berbeda dari 25rb-40rb.
Namun berdasarkan keputusan pihak Kementrian BUMN beserta Kementrian Perhubungan sepakat untuk melebur biaya airport tax dengan harga tiket pesawat. beberapa maskapai penerbangan sekarang ini ada yang sudah menyertakan pajak bandara saat pembelian tiket yang artinya penumpang tidak perlu lagi melakukan pembayaran pajak atau airportax di bandara.

Imigrasi (Khusus Tujuan Luar Negeri)

Buat para penumpang dengan tujuan luar negeri, tahapan berikutnya adalah proses imigrasi. Dimana data paspor penumpang akan dicek oleh petugas melalui scan. Petugas imigrasi akan mencocokkan foto paspor dan wajah penumpang, selanjutnya petugas akan memberikan cap stempel keberangkatan pada buku paspor penumpang.

Boarding

Setelah semua proses selesai anda tinggal menuju keruang tunggu yang tertulis pada lembaran boarding pass tempat dimana anda harus menunggu pesawat sampai ada pengumuman dari petugas untuk segera bersiap dan mengantri menuju pesawat.
Selama menunggu, ada baiknya anda juga berkomunikasi dengan orang-orang yang ada di sekitar anda untuk memastikan anda tidak mengalami kekeliruan tujuan penerbangan.

Naik Pesawat

Setelah ada pengumuman dari petugas untuk keberangkatan pesawat yang akan anda tumpangi, bersiaplah untuk mengantri menuju pesawat tersebut. setelah berada di pesawat silahkan cari nomor duduk pesawat seperti yang tertera dalam lembaran boarding pass. atau kalau anda bingung anda bisa menayakan kepada petugas atau pramugari yang ada di dekat anda. setelah mendapatkan tempat duduk, letakan barang bawaan anda di tempat yang telah disediakan yang berada tepat di atas tempat duduk anda. tunggu beberapa saat sambil perhatikan instruksi dari pramugari pesawat tersebut sampai pesawat yang anda tumpangi siap landas menuju tempat tujuan anda.

Pengambilan barang bawaan

Setelah pesawat yang anda tumpangi berhasil mendarat di tempat tujuan anda, maka langkah selanjutnya adalah mengambil barang bawaan anda yang dititipkan melalui bagasi pesawat. bagi yang tidak melakukan penitipan barang bawaan, bisa abaikan langkah ini dan terus keluar menuju pintu keluar bandara.
Setelah keluar dari pesawat silahkan anda menuju tempat pengambilan bagasi di bandara tersebut. kalau anda bingung anda bisa mengikuti orang-orang yang turun dari pesawat tersebut yang biasanya juga hendak mengambil barang bawaan mereka sambil sesekali perhatikan petunjuk-petunjuk arah yang biasanya terpasang pada setiap lokasi, atau anda juga bisa menayakan langsung kepada setiap petugas yang anda temui sampai anda berada ditempat pengambilan barang. tunggu beberapa saat sampai barang bawaan milik para penumpang pesawat keluar dari belt konveyor atau ban berjalan yang terus berputar kemudian anda tinggal mencari dan mengenali barang-barang milik anda. setelah anda mendapatkan barang milik anda, anda tinggal keluar dari ruang tersebut yang biasanya akan kembali diperiksa petugas untuk  mencocokan barang anda dengan bukti bagasi yang anda terima saat anda check in di bandara keberangkatan.

Nah, Itulah tips dan cara naik pesawat untuk pemula. semoga bermanfaat. 
Disclaimer: Gambar, artikel ataupun video yang ada di web ini terkadang berasal dari berbagai sumber media lain. Hak Cipta sepenuhnya dipegang oleh sumber tersebut. Jika ada masalah terkait hal ini, Anda dapat menghubungi kami Dinsini,
Berkomentarlah sesuai topik artikel Cara dan Tips Naik Pesawat Untuk Pemula.
Untuk komentar yang tidak sesuai topik sebaiknya langsung dibicarakan langsung melalui halaman Off Topic.
Komentar yang menyertakan link tidak akan ditampilkan / dihapus.
bagikan
0 Komentar untuk "Cara dan Tips Naik Pesawat Untuk Pemula"

Berkomentarlah yang sopan ^_^

Back To Top